Membuat Animasi
3D dengan mernggunakan 3D Max7
Kasus ini sebenarnya merupakan pembuatan 3D Max yang paling
dasar\sederhana.Tutorial berikut bertujuan untuk mengenalkan 3D Studio
Max secara umum dan mudah dipahami , mulai dari proses pembuatan,
pengeditan,pemberian bahan\material, cahaya sampai pada animasi sederhana.
Berikut ini adalah cara
pembuatannya serta penjelasan yang mudah-mudahan dapat dimengerti :
Sebelum memulai objek, sebaiknya kita aktifkan tool snap Toggle yang
ada pada toolbar ,agar setiap kita menggambar akan lebih presisi/tepat ke
grid yang ada pada Viewport.
Berikut nya kita akan membuat objek-objek, atau disebut juga proses
modeling yang sederhana.
Membuat Kakai
Meja Dengan Box
1. Untuk
awalnya kita akan membuat kaki meja yang dibuat dari box , klik panel
Create – Geometri : Box .
2. Di Viewport
Perspective, Drag agar membentuk kotak sbb.
3. Untuk
mengatur ukuran kotak/Box tsb, klik kotak tersebut di viewport perspective,
klik panel modify, di command panel tersebut atur parameter
Legth, Width & Heigth Sebagai berikut:
4. Lalu
copy hingga menjadi 4 kaki meja, dengan cara di drag sambil tekan shift,
hasilnya seperti dibawah ini :
Membuat Lantai
dengan Plane
1. Untuk
membuat bidang lantai, klik panel Panel Create – Geometri : Plane.
2. Di
Viewport Perspektive tsb, Drag di lingkaran coklat untuk melihat pandangan dari
sudut yang berbeda. Silahkan mencoba …
3. Da
hasilnya seperti dibawah ini :
Membuat Papan
Meja Dengan Cylinder
1. Klik
panel cReate – Geometry :Cylinder Dengan parameter sebagai
berikut :
2. Di
Viewport Perspektive , Drag dari tengah Lantai sehingga membentuk papan
Cylinder dan akan menghasilkan gambar seperti dibawah ini.
Menyimpan Teko
Diatas Meja
1. Klik panel
Create – Geometry : pilih Teapot ,Lalu buatlah teko,
dengan cara didrag diatas meja, seperti contoh dibawah ini :
2. Dan
akan menghasilkan gambar seperti dibawah ini :
Lebih nyata jika
ditambahkan material
1. Agar
lebih hidup Perlu diberi tekstur, klik pada menu Renderring –
Material/map Browser, maka akan tampil kotak dialoq sbb:
2. Dan
hasilnya seperti dibawah ini :
Camera Dan
Animasi
1. Sekarang
kita akan mencoba membuat camera dan animasi , klik panel create –
kamera : pilih target,
2. Kemudian
di drag cameranya kea rah meja , seperti pada gambar dibawah ini :
3. Setelah
penyetingan kamera maka semua langkah-langkah dalam pembuatan Meja dan Teko 3D
telah selesai.
Langkah
berikutnya adalah merender .
1. Klik
menu Rendering- Render Maka akan tampil kotrak dialog render
scene . atur parameternya. Sbb :
2. Klik
tombol Files, maka akan muncul tampilan kotak dialog untuk
menyimpan lokasi anda nanti, klik tombol save jika sudah lengkap.
3. Ok,
pekerjaan anda telah siap untuk dirender . klik tombol render
4. Tunggu
beberapa saat. Lini saatnya menguji seberapa cepat system computer anda.
Semakin cepat prosessor dan semakin besar Ram memory anda, maka kecepatan
render semakin baik.
5. Hasilnya
akan ada File AVI atau bisa dengan format lainnya yang dapat
dijalankan dengan Windows Medi Player secara realtime.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar