TUGAS 1
1.
Jelaskan Organisasi secara Terminologi ?
Jawaban :
Ø
Secara terminologi organisasi adalah perkumpulan dua orang atau lebih yang
memiliki tujuan tertentu.
Ø
Definisi Organisasi Menurut Para Ahli
Organisasi Menurut
Stoner
Organisasi adalah suatu
pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer
mengejar tujuan bersama.
Organisasi Menurut
James D. Mooney
Organisasi adalah
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi Menurut
Chester I. Bernard
Organisasi merupakan
suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Ø Pengertian organisasi, Secara Terminologi (Asal Kata)
Organisasi adalah
sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu
kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan di sepakati
2. Jelaskan ciri-ciri Organisasi ?
Jawaban :
secara lebih rinci organisasi memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
Ø
Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal
dan saling mengenal.
Ø
Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu
sama lain saling berkaitan (interdependent part) yang merupakan kesatuan
kegiatan.
Ø
Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya
berupa pemikiran, tenaga,dan lain-lain
Ø
Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan.
Ø
Adanya tujuan yang ingin dicapai.
3. Jelaskan tentang manajemen, Organisasi ?
Jawaban :
Ø
Organisasi
Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa
Yunani yang berarti alat.Pengertian organisasi telah banyak
disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip,
dan sebagai bahan perbandingan akan disampaikan beberapa pendapat sebagai
berikut :
a. Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The
Executive Functions” mengemukakan bahwa : “ Organisasi adalah
system kerjasama antara dua orang atau lebih” (I define organization as a
system of cooperatives of two more persons)
b. James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization
is the form of every human association for the attainment of common
purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk
mencapai tujuan bersama)
c. Menurut Dimock, organisasi adalah : “Organization
is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified
whole through which authority, coordination and control may be exercised to
achive a given purpose” (organisasi adalah perpaduan secara
sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk
membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan
pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan).
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat
disimpulkan bahwa setiaporganisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu
:
1.
Orang-orang (sekumpulan orang),
2.
Kerjasama,
3.
Tujuan yang ingin dicapai,
Dengan demikian organisasi merupakan sarana untuk melakukan
kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan
mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Ø
Manajemen
bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa
istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1.
Manajemen sebagai suatu proses
2.
Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas
manajemen,
3.
Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan
(Science)
Menurut pengertian
yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang
diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen
menurut pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.
Dalam Encylopedia of
the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana
pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Dari gambar di atas
menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu
keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada
proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana
keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai
suatu tujuan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar